Jogja Course Center

product 1

Jogja Course Center (JCC) sebagai lembaga yang memfasilitasi pemenuhan kebutuhan masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan potensi diri, serta mendukung dalam penguasaan dan penerapan ilmu bahasa asing dan komputer, dan ikut serta dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Info detail klik di sini.

Iklan AndaI

product 1

Pasanglah iklan Anda di sini. Ingsyallah membawa berkah. Apalagi menghidupi hamba Allah yang sedang belajar ilmu agama. Alasan lainnya klik di sini.

Iklan Anda

product 1

Pasanglah iklan Anda di sini. Ingsyallah membawa berkah. Apalagi menghidupi hamba Allah yang sedang belajar ilmu agama. Alasan lainnya klik di sini.

Dedi Wahyudi Siap Membangun Negeri Menuju Indonesia Digdaya 2030

Dedi Wahyudi Siap Membangun Negeri Menuju Indonesia Digdaya 2030

Podoluhur News

Dedi Wahyudi lagi sibuk garap tesis, mohon doanya semoga diberikan kemudahan oleh Allah, aamiin.

PENGERTIAN HADIS SUNNAH ATSAR DAN KHABAR

Dedi Wahyudi | 2/26/2010 12:20:00 am | 0 komentar

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Kebanyakan para muhaditsin berpendapat bahwa istilah al-hadits al-khabar al-atsar dan as-sunnah adl sinonim meskipun di sana-sini ada ulama yg membedakannya namun perbedaan itu tidaklah prinsipil.

Misalnya ada suatu pendapat yg membedakan bahwa pengertian al-hadits itu hanya terbatas pada apa yg datang dari Nabi Muhammad saw. saja sedang al-khabar terbatas pada apa yg datang dari selainnya. Karena itu orang yg tekun kepada ilmu hadis saja disebut dgn muhaddits sedangkan orang yg tekun kepada khabar disebut dgn akhbari.

Ada pula pendapat yg membedakannya dari segi umum dan khusus muthlaq yakni tiap-tiap hadits itu khabar tetapi sebaliknya bahwa tiap-tiap khabar itu dapat dikatakan hadits. Di samping ada pendapat yg mengatakan bahwa atsar itu ialah yg datang dari sahabat tabi’in dan orang-orang sesudahnya juga ada pendapat yag mengatakan bahwa istilah atsar itu lbh umum penggunaannya daripada istilah hadits dan khabar. Karena istilah atsar itu mencakup segala berita dan perilaku para sahabat tabi’in dan selainnya.

Pada umumnya para muhadditsin memperkuat alasannya tentang persamaan keempat istilah tersebut dgn mengemukakan persesuaian maksud dalam pemakaiannya.

Misalnya istilah khabar mutawatir dipakai juga utk hadits mutawatir haditsun nabawi utk sunnatun nabawi dan ahli hadits maupun ahli khabar juga disebut dgn ahli atsar .

Sumber Diadaptasi dari Ikhtisar Mushthalahul Hadits Drs. Fatchur Rahman.

sumber file al_islam.chm

http://blog.re.or.id/

ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين

Category:

Dedi Wahyudi, S.Pd.I: Kami harapkan senyum, salam, sapa, saran dan kritik untuk tulisan serta tampilan blog ini. Terima kasih atas kunjungannya. Semoga ilmunya membawa berkah.

0 komentar

Silahkan kirim komentar anda!