26 February 2010

PENGERTIAN HADIS SUNNAH ATSAR DAN KHABAR

Posted By: Dedi Wahyudi - 12:20 AM

Kebanyakan para muhaditsin berpendapat bahwa istilah al-hadits al-khabar al-atsar dan as-sunnah adl sinonim meskipun di sana-sini ada ulama yg membedakannya namun perbedaan itu tidaklah prinsipil.

Misalnya ada suatu pendapat yg membedakan bahwa pengertian al-hadits itu hanya terbatas pada apa yg datang dari Nabi Muhammad saw. saja sedang al-khabar terbatas pada apa yg datang dari selainnya. Karena itu orang yg tekun kepada ilmu hadis saja disebut dgn muhaddits sedangkan orang yg tekun kepada khabar disebut dgn akhbari.

Ada pula pendapat yg membedakannya dari segi umum dan khusus muthlaq yakni tiap-tiap hadits itu khabar tetapi sebaliknya bahwa tiap-tiap khabar itu dapat dikatakan hadits. Di samping ada pendapat yg mengatakan bahwa atsar itu ialah yg datang dari sahabat tabi’in dan orang-orang sesudahnya juga ada pendapat yag mengatakan bahwa istilah atsar itu lbh umum penggunaannya daripada istilah hadits dan khabar. Karena istilah atsar itu mencakup segala berita dan perilaku para sahabat tabi’in dan selainnya.

Pada umumnya para muhadditsin memperkuat alasannya tentang persamaan keempat istilah tersebut dgn mengemukakan persesuaian maksud dalam pemakaiannya.

Misalnya istilah khabar mutawatir dipakai juga utk hadits mutawatir haditsun nabawi utk sunnatun nabawi dan ahli hadits maupun ahli khabar juga disebut dgn ahli atsar .

Sumber Diadaptasi dari Ikhtisar Mushthalahul Hadits Drs. Fatchur Rahman.

sumber file al_islam.chm

http://blog.re.or.id/

Biografi Penulis

Dedi Wahyudi, M.Pd.I adalah seorang Dosen Metodologi Studi Islam di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Jurai Siwo Metro dengan NIP 199101032015031003. Dedi Wahyudi, M.Pd.I dilahirkan di Kebumen pada 3 Januari 1991. Dia mengawali pendidikannya di SD Negeri 4 Kedawung, SMP Negeri 3 Kebumen, dan SMA Negeri 2 Kebumen. Dia juga nyantri di Pondok Pesantren Miftahul Anwar Pekeyongan, Podoluhur, Klirong, Kebumen. Setelah menyelesaikan S-1 pada Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (2011) dengan predikat “Lulus Terbaik dan Tercepat” pada wisuda periode 1 tahun ajaran 2011-2012, dia melanjutkan studi S-2 di Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan kembali meraih predikat “Lulus Terbaik dan Tercepat” pada wisuda periode III tahun ajaran 2013-2014 dengan IPK 3,94. Pengalaman mengajar di SMP Muhammadiyah 2 Mlati Sleman sejak 2012 hingga 2014. Dia juga sebagai penulis di berbagai media massa seperti Suara Merdeka, Lampung Post, Metro Riau, dan lainnya. Dia pernah mendapatkan beasiswa dari PT Djarum dan Kementerian Agama RI. Sekarang, penulis sebagai Dosen Tetap di STAIN Jurai Siwo Metro sekaligus sebagai Pengelola Jurnal P3M STAIN Jurai Siwo Metro. Penulis aktif di www.podoluhur.blogspot.com Konsentrasi kajiannya adalah studi Islam, ilmu pendidikan, media pembelajaran, strategi pembelajaran, dan sejarah Islam. Dia mempunyai seorang istri bernama Nuryah, M.Pd.I dan dikaruniai seorang putri bernama Nadya Fatiha Rahma.

0 comments:

Iklan

Tidak lama lagi kami akan pergi meninggalkan dunia ini, tetapi kami berdoa semoga tulisan kami akan terus menginspirasi dan membawa berkah