Jogja Course Center

product 1

Jogja Course Center (JCC) sebagai lembaga yang memfasilitasi pemenuhan kebutuhan masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan potensi diri, serta mendukung dalam penguasaan dan penerapan ilmu bahasa asing dan komputer, dan ikut serta dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Info detail klik di sini.

Iklan AndaI

product 1

Pasanglah iklan Anda di sini. Ingsyallah membawa berkah. Apalagi menghidupi hamba Allah yang sedang belajar ilmu agama. Alasan lainnya klik di sini.

Iklan Anda

product 1

Pasanglah iklan Anda di sini. Ingsyallah membawa berkah. Apalagi menghidupi hamba Allah yang sedang belajar ilmu agama. Alasan lainnya klik di sini.

Dedi Wahyudi Siap Membangun Negeri Menuju Indonesia Digdaya 2030

Dedi Wahyudi Siap Membangun Negeri Menuju Indonesia Digdaya 2030

Podoluhur News

Dedi Wahyudi lagi sibuk garap tesis, mohon doanya semoga diberikan kemudahan oleh Allah, aamiin.

rpp akidah akhlak X

Dedi Wahyudi | 2/26/2010 12:02:00 am | 0 komentar

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

NAMA MADRASAH : MA Bali Bina Insani
MATA PELAJARAN : AQIDAH
KELAS : X
SEMESTER : 1
TAHUN : 2005/2006

A. KOMPETENSI DASAR
Berupaya mengenal Aqidah yang benar dan bersih

B. MATERI PEMBELAJARAN
Akidah yang meliputi uraian materi akidah:
- Definisi akidah dan iman kepada Allah
- Kelebihan aqidah
- Pemeliharaan aqidah islamiyah

C. INDIKATOR
- Siswa mampu membaca materi teks dengan benar
- Mendeskripsikan aqidah dan urgensinya.
- Menjelaskan aqidah dengan tepat.
- Kelebihan Aqidah Islamiyah dan pemeliharaannya
- Membaca dan menjelaskan kandungan dalil naqli yang berkaitan dengan aqidah
dan kelebihan serta pemeliharaannya

D. TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke-1
Setelah menjalankan KBM, siswa diharapkan mampu:
1. Mengetahui ta’rif aqidah dan iman Kepada Allah.
2. Mengetahui ayat yang berhubungan dengan aqidah
3. Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
Pertemuan ke-2
Setelah menjalankan KBM, siswa diharapkan mampu:
1. Membaca dan menghafal ayat-ayat tentang aqi.dah
2. Mengetahui penjelasan Allah tentang aqidah.
3. Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
Pertemuan ke-3
Setelah menjalankan KBM, siswa diharapkan mampu:
1. Mengetahui kelebihan aqidah islamiyah.
2. mengetahui ayat tentang aqidah islamiyah
3. Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
Pertemuan ke-4, ke-5, dan ke-6
Setelah menjalankan KBM, siswa diharapkan mampu:
1. Mendeskripisikan aqidah dan kelebihan serta pemeliharaannya.
2. Mengetahui ayat-ayat dan hadits yang berhubungan dengan aqidah islamiyah yang benar
3. Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
4. Dapat membaca dan memahami teks dengan benar.

E. METODE PEMBELAJARAN
Mengkaji kitab, ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan.

F. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

No Kegiatan Belajar Waktu
(Menit) Aspek yang dikembangkan
1 Pertemuan ke-1
a. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
b. Kegiatan inti
Guru menjelaskan ta’rif akidah dan iman kepada Allah berikut ayat-ayat yang menjelaskan tentang aqidah
c. Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam mengambil hikmah. 1 x 40
5


30




5 Terampil dalam membaca teks Bahasa Arab, menguasai mufrodat, menguasai kandungan makna, dan memiliki kemampuan dalam mengapliksikannya dalam kehidupan nyata.
2 Pertemuan ke-2
a. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
b. Kegiatan inti
Guru meminta siswa menghafalkan ayat-ayat sehubungan dengan aqidah.
c. Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam mengambil hikmah dan kesimpulan. 1 x 40
5


30



5
3 Pertemuan ke-3
a. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
b. Kegiatan inti
Guru menjelaskan tentang kelebihan aqidah islamiyah
Guru menjelaskan ayat-ayat Al-Quran yang menerangkan tentang pemeliharaan aqidah islamiyah.
c. Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan. 1 x 40
5


30





5
4 Pertemuan ke-4
a. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
b. Kegiatan inti
Guru meminta siswa mendeskripsikan tentang aqidah islamiyah
c. Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam mengambil hikmah. 1 x 40
5

30


5
5 Pertemuan ke-5
a. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
b. Kegiatan inti
Guru menjelaskan ayat-ayat dan hadits sehubungan aqidah
c. Kegiatan akhir
Siswa mempresentasikan hasil studi pustakanya. 1 x 40
5


30


5
6 Pertemuan ke-6
a. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
b. Kegiatan inti
Guru menjelaskan tentang ayat-ayat dan hadits tentang kelebihan aqidah islamiyah dan pemeliharaannya
c. Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam mengambil hikmah. 1 x 40
5


30



5


G. ALOKASI WAKTU
6 X 40 Menit

H. SUMBER BELAJAR
- Buku Akidah akhlak MA kelas 1, 2004
- Al-Quran dan tafsirnya
- Al-Hadits

I. PENILAIAN
Jenis penilaian:
- Kemampuan siswa dalam membaca teks berbahasa Arab.
- Tugas individu
- Tugas kelompok
- Ulangan
- Bentuk tagihan:
Laporan


Meliling, 01 September 2005
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran




Haris Budi Santosa, SPd Yuli Saiful Bahri, SPd.I

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

NAMA MADRASAH : MA Bali Bina Insani
MATA PELAJARAN : AKHLAQ
KELAS : X
SEMESTER : 1
TAHUN : 2005/2006

A. KOMPETENSI DASAR
Memahami makna hakiki tentang akhlak

B. MATERI PEMBELAJARAN
1. Ta’rif akhlak dan perilaku terpuji
2. Pengenalan makna etika
3. Pengenalan makna moral dan budi pekerti
Lengkap dengan ayat dan hadits pendukung

C. INDIKATOR
- Menjelaskan makna akhlak, etika, moral dan budi pekerti
- Menjelaskan pembahasan ruang lingkup akhlak
- Menunjukkan persamaan akhlak, etika, moral dan budi pekerti
- Menunjukkan perbedaan akhlak, etika, moral dan budi pekerti.

D. TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke-1
Setelah menjalankan KBM, siswa diharapkan mampu:
1. Mengetahui ta’rif Akhlak dan perilaku terpuji (iffah, musyawarah dan ukhuwah).
2. Mengetahui ayat dan hadits Rasulullah yang berkaitan dengan akhlak.
3. Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
Pertemuan ke-2
Setelah menjalankan KBM, siswa diharapkan mampu:
1. Mengetahui Kandungan akhlak.
2. Mengetahui ayat yang berkenaan dengan kandungan / ruang lingkup akhlak.
3. Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
Pertemuan ke-3
Setelah menjalankan KBM, siswa diharapkan mampu:
1. Mengetahui kewajiban terhadap Allah
2. Mengetahui ayat yang berkenaan dengan kewajiban terhadap Allah
3. mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
Pertemuan ke-4
Setelah menjalankan KBM, siswa diharapkan mampu:
1. Mengetahui makna etika, moral dan budi pekerti
2. Mengetahui hubungan antara etika, moral dan budi pekerti
3. Dapat membaca dan memahami teks dengan benar.
Pertemuan ke-5
Setelah menjalankan KBM, siswa diharapkan mampu:
1. Mengetahui hubungan antara akhlak dengan etika, moral dan budi pekerti
2. Mengetahui persamaan dan perbedaan antara akhlak, etika, moral dan budi pekerti
3. Dapat membaca dan memahami teks dengan benar.

E. METODE PEMBELAJARAN
Mengkaji kitab, ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan.

F. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

No Kegiatan Belajar Waktu
(Menit) Aspek yang dikembangkan
1 Pertemuan ke-1
d. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
e. Kegiatan inti
- Guru menjelaskan ta’rif akhlak dan perilaku terpuji (Iffah, musyawarah dan ukhuwah).
- Guru menjelaskan ayat-ayat yang berkaitan dengan akhlak.
f. Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam mengambil hikmah. 1 x 40
5


30






5 Terampil dalam membaca teks Bahasa Arab, menguasai mufrodat, menguasai kandungan makna, dan memiliki kemampuan dalam mengapliksikannya dalam kehidupan nyata.
g Pertemuan ke-2
a. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
b. Kegiatan inti
Guru menjelaskan ayat dan hadits yang menjelaskan tentang ruang lingkup akhlak.
c. Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam mengambil hikmah dan kesimpulan. 1 x 40
5


30





5
3 Pertemuan ke-3
a. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
b. Kegiatan inti
Guru menjelaskan kewajiban terhadap Allah
d. Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan. 1 x 40
5


30





5
4 Pertemuan ke-4
d. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
e. Kegiatan inti
Guru menjelaskan tentang etika, moral dan budi pekerti serta hubungannya
f. Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam mengambil hikmah. 1 x 40
5

30


5
5 Pertemuan ke-5
a. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
b. Kegiatan inti
Guru menjelaskan hubungan antara akhlak, etika, moral dan budi pekerti
c. Kegiatan akhir
Siswa mempresentasikan hasil studi pustakanya. 1 x 40
5


30


5

G. ALOKASI WAKTU
6 X 40 Menit

H. SUMBER BELAJAR
- Buku Akidah akhlak MA kelas 1, 2004
- Al-Quran dan tafsirnya
- Al-Hadits
- Kitab-kitab akhlaq lainnya yang relevan.

I. PENILAIAN
Jenis penilaian:
- Kemampuan siswa dalam membaca teks berbahasa Arab.
- Tugas individu
- Tugas kelompok
- Ulangan
- Bentuk tagihan:
Laporan


Meliling, 01 Desember 2005
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran




Haris Budi Santosa, SPd Yuli Saiful Bahri, Spd.I

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

NAMA MADRASAH : MA Bali Bina Insani
MATA PELAJARAN : AKIDAH
KELAS : X
SEMESTER : 1
TAHUN : 2005/2006

A. KOMPETENSI DASAR
Memahami tentang hubungan fungsional antara Akidah dan Akhlak

B. PEMBELAJARAN
1. Akidah sebagai dasar Akhlak
2. Akhlak dan perilaku sebagai cermin aqidah yang benar
3. Akidah Islam melahirkan akhlak yang baik
4. Kondisi keimanan bersifat relatif
Berikut ayat dan hadits pendukungnya

C. INDIKATOR
- Siswa mampu membaca materi teks dengan benar
- Memahami mufrodat yang terkandung dalam teks
- Mampu menerjemahkan materi teks
- Memahami makna fungsi akidah
- Siswa mengamalkan kandungan bacaan

D. TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke-1
Setelah menjalankan KBM, siswa diharapkan mampu:
1. Mengetahui bahwa akidah ádalah dasar dari akhlak
2. Mengetahui ayat hadits-hadits pendukung
3. Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
Pertemuan ke-2
Setelah menjalankan KBM, siswa diharapkan mampu:
1. Mengetahui akhlak dan perilaku sebagai cermin dari aqidah yang benar
2. Mengetahui ayat dan hadits pendukung dari akhlak dan perilaku merupakan cermin dari aqidah yang benar.
3. Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
Pertemuan ke-3
Setelah menjalankan KBM, siswa diharapkan mampu:
1. Mengetahui ayat dan hadits pendukung dari akhlak dan perilaku sebagai cermin dari aqidah yang benar
2. Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
Pertemuan ke-4
Setelah menjalankan KBM, siswa diharapkan mampu:
1. Memahami aqidah Islam melahirkan akhlak yang baik
2. Mengetahui ayat dan hadits pendukung
3. Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
Pertemuan ke-5
Setelah menjalankan KBM, siswa diharapkan mampu:
1. Memahami bahwa kondisi keimanan itu bersifat relatif.
2. Mengetahui ayat dan hadits
3. Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
4. Dapat membaca dan memahami teks dengan benar.

E. METODE PEMBELAJARAN
Mengkaji kitab, ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan.




F. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

No Kegiatan Belajar Waktu
(Menit) Aspek yang dikembangkan
1 Pertemuan ke-1
a. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
b. Kegiatan inti
- Guru menjelaskan akidah dasar dari akhlak.
- Guru menjelaskan hadits-hadits Rasulullah yang berkaitan dengan akidah dasar dari akhlak.
c. Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam mengambil hikmah. 1 x 40
5


30






5 Terampil dalam membaca teks Bahasa Arab, menguasai mufrodat, menguasai kandungan makna, dan memiliki kemampuan dalam mengaplikasikannya dalam kehidupan nyata.
2 Pertemuan ke-2
a. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
b. Kegiatan inti
Guru menjelaskan akhlak dan perilaku merupakan cermin dari aqidah yang benar berikut ayat dan hadits.
c. Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam mengambil hikmah dan kesimpulan. 1 x 40
5


30





5
3 Pertemuan ke-3
a. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
b. Kegiatan inti
Guru menjelaskan dalil Al-Quran dan hadits Nabi saw yang menjelaskan tentang akhlak dan perilaku merupakan cermin dari aqidah yang benar
c. Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan. 1 x 40
5


30





5
4 Pertemuan ke-4
a. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
b. Kegiatan inti
Guru menjelaskan aqidah Islam melahirkan akhlak yang baik berikut ayat dan hadits pendukung.
c. Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam mengambil hikmah. 1 x 40
5

30


5
5 Pertemuan ke-5
a. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
b. Kegiatan inti
Guru menjelaskan Kondisi keimanan bersifat relative berikut ayat dan hadits pendukung
c. Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa untuk mengambil hikmah dari peristiwa tersebut. 1 x 40
5


30


5


G. ALOKASI WAKTU
7 X 40 Menit

H. SUMBER BELAJAR
- Kitab Minhajul Muslim
- Al-Quran dan tafsirnya
- Al-Hadits
- Kitab-kitab akhlaq lainnya yang relevan.

I. PENILAIAN
Jenis penilaian:
- Kemampuan siswa dalam membaca teks berbahasa Arab.
- Tugas individu
- Tugas kelompok
- Ulangan
- Bentuk tagihan:
Laporan


Meliling, 01 Januari 2006
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran



Haris Budi Santosa, SPd Yuli Saiful Bahri, SPd.I

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

NAMA MADRASAH : MA BALI BINA INSANI
MATA PELAJARAN : AQIDAH
KELAS : X
SEMESTER : 2
TAHUN : 2005/2006

A. KOMPETENSI DASAR
Mengetahui pemahaman keimanan kepada malaikat, tugas dan fungsi malaikat,
dalil naqli tentang eksistensi malaikat dan hikmah beriman kepada malaikat

B. MATERI PEMBELAJARAN
1. Ta’rif iman kepada malaikat
2. Fungsi dan tugas malaikat
3. Dalil naqli tentang eksistensi malaikat
4. Hikmah beriman kepada malaikat

C. INDIKATOR
Siswa mampu membaca materi teks dengan benar
- Memahami mufrodat yang terkandung dalam teks
- Mampu menerjemahkan materi teks
- Memiliki keinginan yang kuat untuk mengamalkannya
- Siswa mengamalkan kandungan bacaan

D. TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke-1
Setelah menjalankan KBM, siswa diharapkan mampu:
1. Mengetahui pemahaman ta’rif iman kepada malaikat
2. Mengetahui ayat dan hadits pendukungnya
3. Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
Pertemuan ke-2
Setelah menjalankan KBM, siswa diharapkan mampu:
1. Mengetahui tugas dan fungsi malaikat.
2. Mengetahui ayat dan hadits pendukung
3. Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
Pertemuan ke-3
Setelah menjalankan KBM, siswa diharapkan mampu:
1. Mengetahui dalil naqli tentang malaikat
2. Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
Pertemuan ke-4
Setelah menjalankan KBM, siswa diharapkan mampu:
1. Mengetahui hikmah beriman kepada malaikat
2. Memahami hikmah dan selanjutnya membuktikan.

E. METODE PEMBELAJARAN
- Menjelaskan isi kandungan teks yang berkaitan dengan beriman kepada
- malaikat.
- Mengkaji dan menelaah hikmah beriman kepada malaikat.
- Mendemonstrasikan kemampuan membaca siswa

F. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
No Kegiatan Belajar Waktu Aspek yang dikembangkan
1 Pertemuan ke-1
g. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
h. Kegiatan inti
Guru menjelaskan tentang pemahaman tentang iman kepada malaikat
i. Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan. 1 x 40 menit
5 menit


30 menit




5 menit Terampil dalam membaca teks berbahasa Arab, menguasai mufrodat, menguasai kandungan makna, dan kemampuan dalam mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari
2 Pertemuan ke-2
a. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
b. Kegiatan inti
Guru menjelaskan tentang fungsi dan tugas malaikat
c. Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan. 1 x 40 menit
5 menit


30 menit

5 menit
3 Pertemuan ke-3
a. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
b. Kegiatan inti
Guru menjelaskan tentang dalil naqli tentang eksistensi malaikat
c. Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan. 1 x 40 menit
5 menit


30 menit




5 menit
4 Pertemuan ke-4
a. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
b. Kegiatan inti
Guru menjelaskan tentang hikmah beriman kepada malaikat.
c. Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan. 1 x 40 menit
5 menit


30 menit





5 menit
G. ALOKASI WAKTU
7 X 40 Menit

H. SUMBER BELAJAR
- Kitab Minhajul Muslim
- Al-Quran dan tafsirnya
- Al-Hadits
- Kitab-kitab akhlaq yang relevan

I. PENILAIAN
Jenis penilaian:
- Kemampuan siswa dalam membaca teks berbahasa Arab.
- Tugas individu
- Tugas kelompok
- Ulangan
Bentuk tagihan:
- Laporan

Meliling, 01 Juni 2006
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran



Haris Budi Santosa, SPd Yuli Saiful Bahri, SPd.I

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

NAMA MADRASAH : MA BALI BINA INSANI
MATA PELAJARAN : AKHLAQ
KELAS : X
SEMESTER : 2
TAHUN : 2005/2006

A. KOMPETENSI DASAR
Mengetahui pemahaman tentang akhak terpuji (Kreatif, dinamis, sabar, jujur dan tawakkal)

B. MATERI PEMBELAJARAN
1. Kreatif dan dinamis
2. Sabar
3. Jujur
4. Tawakkal

C. INDIKATOR
Siswa mampu membaca materi teks dengan benar
- Memahami mufrodat yang terkandung dalam teks
- Mampu menerjemahkan materi teks
- Memiliki keinginan yang kuat untuk mengamalkannya
- Siswa mengamalkan kandungan bacaan

D. TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke-1
Setelah menjalankan KBM, siswa diharapkan mampu:
1. Mengetahui makna kreatif dan dinamis
2. Mengetahui ayat dan hadits pendukungnya
3. Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
Pertemuan ke-2
Setelah menjalankan KBM, siswa diharapkan mampu:
1. Mengetahui ta’rif sabar
2. Mengetahui dalil naqli tentang sabar
3. Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
Pertemuan ke-3
Setelah menjalankan KBM, siswa diharapkan mampu:
1. Mengetahui ta’rif jujur.
2. Mengetahui dalil naqli jujur.
3. Mengetahui pentingnya akhlaq jujur bagi seorang Muslim.
4. Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
Pertemuan ke-4
Setelah menjalan kan KBM, siswa diharapkan mampu:
1. Mengetahui ta’rif tentang tawakkal kepada Allah
2. Mengetahui dalil naqli sehubungan dengan tawakkal kepada Allah
3. Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.

E. METODE PEMBELAJARAN
- Membaca buku
- Menjelaskan isi kandungan teks yang berkaitan dengan kreatif, dinamis, sabar, jujur dan tawakkal kepada Allah
- Mengkaji dan menelaah hikmah akhlak terpuji.
- Mendemonstrasikan kemampuan membaca siswa

F. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
No Kegiatan Belajar Waktu
(Menit) Aspek yang dikembangkan
1 Pertemuan ke-1
a. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
b. Kegiatan inti
Guru menjelaskan kreatif dan dinamis
c. Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam membuat
kesimpulan. 1 x 40
5
30


5
2 Pertemuan ke-2
a. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
b. Kegiatan inti
Guru menjelaskan tentang sabar
c. Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan. 1 x 40
5
30


5
3 Pertemuan ke-3
a. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
b. Kegiatan inti
Guru menjelaskan tentang jujur
c. Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam membuat
kesimpulan. 1 x 40
5
30


5
4 Pertemuan ke-4
a. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
b. Kegiatan inti
Guru menjelaskan tentang tawakkal kepada Allah
c. Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan. 1 x 40
5
30


5

G. ALOKASI WAKTU
6 X 40 Menit

H. SUMBER BELAJAR
- Kitab Minhajul Muslim
- Al-Quran dan tafsirnya
- Al-Hadits
- Kitab-kitab akhlaq yang lainnya

I. PENILAIAN
Jenis penilaian:
- Kemampuan siswa dalam membaca teks berbahasa Arab.
- Tugas individu
- Tugas kelompok
- Ulangan
Bentuk tagihan:
- Laporan


Meliling, 01 Juni 2006
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran



Haris Budi Santosa, SPd Yuli Saiful Bahri, Spd.I

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

NAMA MADRASAH : MA BALI BINA INSANI
MATA PELAJARAN : AKHLAQ
KELAS : X
SEMESTER : 2
TAHUN : 2005/2006

A. KOMPETENSI DASAR
Mampu mengetahui dan menghindari akhlak tercela (pasif, putus asa, bergantung kepada orang lain, memaki, mencela, berkata keji, berkata kotor, ghibah dan namimah)

B. MATERI PEMBELAJARAN
Akhlaq tercela:
1. Pasif, pesimis dan putus asa.
2. Bergantung kepada orang lain
3. Memaki dan mencela
4. Berkata keji dan kotor
5. Ghibah dan namimah

C. INDIKATOR
• Siswa mampu membaca materi teks dengan benar
• Memahami mufrodat yang terkandung dalam teks
• Mampu menerjemahkan materi teks
• Memahami dan menghayati makna akhlak tercela
• Memiliki keinginan yang kuat untuk mengamalkannya

D. TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke-1
Setelah menjalankan KBM, siswa diharapkan mampu:
1. Mengetahui ta’rif akhlak tercela.
2. Menjelasakan pentingnya pencegahan akhlak tercela
3. Mengetahui ayat dan hadits pendukung
4. Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
Pertemuan ke-2
Setelah menjalankan KBM, siswa diharapkan mampu:
1. Mengetahui tentang pasif, pesimis dan putus asa
2. Mengetahui dalilnaqli tentang pasif, pesimis dan putus asa
3. Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
Pertemuan ke-3
Setelah menjalankan KBM, siswa diharapkan mampu:
1. Mengetahui tentang bergantung kepada orang lain
2. Mengetahui tentang dalil naqli tentang bergantung kepada orang lain
3. Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
Pertemuan ke-4
Setelah menjalankan KBM, siswa diharapkan mampu:
1. Mengetahui tentang memaki dan mencela
2. Mengetahui dalia naqli tentang memaki dan mencela
3. Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
4. Dapat membaca dan memahami teks dengan benar.
Pertemuan ke-5
Setelah menjalankan KBM, siswa diharapkan mampu:
1. Mengetahui tentang berkata keji dan kotor
2. Mengetahui dalil naqli sehubungan dengan berkata keji dan kotor
3. mengetahui mufrodat setiap kata yang ada
4. Dapat membaca teks dengan benar.
Pertemuan ke-6
Setelah menjalankan KBM, siswa diharapkan mampu:
1. Mengetahui ta’rif ghibah dan namimah.
2. Mengetahui dalil naqli sehubungan dengan ghibah dan namimah
3. Dapat membaca teks dengan benar.

E. METODE PEMBELAJARAN
Mengkaji kitab, ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan.

F. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

No Kegiatan Belajar Waktu
(Menit) Aspek yang dikembangkan
1 Pertemuan ke-1
a. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
b. Kegiatan inti
Guru menjelaskan ta’rif ‘akhlak tercela
c. Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan. 1 x 40
5


30



5 Terampil dalam membaca teks Bahasa Arab, menguasai mufrodat, menguasai kandungan makna,dan memiliki kemampuan dalam mengapliksikannya dalam kehidupan nyata.
2 Pertemuan ke-2
a. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
b. Kegiatan inti
Guru menjelaskan tentang pasif, pesimis dan putus asa
c. Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan. 1 x 40
5


30



5
3 Pertemuan ke-3
a. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
b. Kegiatan inti
Guru menjelaskan tentang bergantung kepada orang lain
c. Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan. 1 x 40
5

30

5
4 Pertemuan ke-4
a. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
b. Kegiatan inti
Guru menjelaskan tentang memaki dan mencela
c. Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan. 1 x 40
5

30


5
5 Pertemuan ke-5
a. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
b. Kegiatan inti
Guru menjelaskan tentang berkata keji dan kotor
c. Kegiatan akhir
Siswa mempresentasikan hasil studi pustakanya. 1 x 40
5


30



5
Pertemuan ke-6
a. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
b. Kegiatan inti
Guru menjelaskan ta’rif dan urgensi I’tidal.ghibah dan namimah
c. Kegiatan akhir
Siswa mempresentasikan hasil studi pustakanya. 1 x 40
5

30


5

G. ALOKASI WAKTU
7 X 40 Menit
H. SUMBER BELAJAR
- Kitab Minhajul Muslim
- Al-Quran dan tafsirnya
- Al-Hadits
- Kitab-kitab akhlaq lainnya yang relevan.

I. PENILAIAN
Jenis penilaian:
- Kemampuan siswa dalam membaca teks berbahasa Arab.
- Tugas individu
- Tugas kelompok
- Ulangan
- Bentuk tagihan:
Laporan
Meliling, 01 Juni 2006
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran

Sumber http://aazia.blogspot.com/2009/05/rpp-akidah-akhlak-x.html
ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين

Category:

Dedi Wahyudi, S.Pd.I: Kami harapkan senyum, salam, sapa, saran dan kritik untuk tulisan serta tampilan blog ini. Terima kasih atas kunjungannya. Semoga ilmunya membawa berkah.

0 komentar

Silahkan kirim komentar anda!