28 February 2011

Islam dan Budaya Lokal - Kontrak Belajar

Posted By: Dedi Wahyudi - 11:42 PM


Pada perteuan ini diawali dengan perkenalan oleh Bapak Drs. Sedyo Santoso, SS. M.Pd. kemudian dilanjutkan dengan kontrak belajar. Disepakati bahwa UAS 30%, UTS 30%, Tugas 20%, dan Sikap 20%. Mnurut hasil analisis penulis, persentase tersbut sangat membantu nilai mahasiswa, mengingat pada dasarnya beliau adalah sesosok dosen yang sangat memperhatikan sebuah proses pembelajaran.

Tugas yang beliau berikan ada 3 macam yaitu :tugas individu berupa review buku Islam dan Budaya Lokal apapun judul bukunya dan dipresentasikan didepan peserta lainnya. tugas ini dikumpulkan sebelum mid semester. Tugas kedua yaitu tugas kelompok berupa presentasi materi yang tercantum dalam buku Islam dan Budaya Lokal karangan Bapak Radjasa, dkk yang diterbitkan oleh POKJA UIN dan dikumpulkan sebelum mid. Tugas yang ketiga juga untuk kelompok tetapi berupa makalah atau paper tentang Islam dan Budaya Lokal. Untuk tugas yang terakhir ini dikumpukan setelah mid semester.

Pembagian kelompok presentasi  berdasarkan nomor urut presensi mahasiswa. Adapun bab yang harus dipelajari yaitu :
  • Kelompok 1 dan 2 bahas Bab 1 yaitu  materi Agama dan kebudayaan
  • Kelompok 3 dan 4 bahas Bab 2 yaitu  materi Pluralitas Agama
  • Kelompok 5 dan 6 bahas Bab  yaitu  materi Islam Normatif dan Historis
  • Kelompok 7 dan 8 bahas Bab  yaitu  materi Islam, Negara, ddan Kemajemukan
  • Kelompok 9 dan 10 bahas Bab  yaitu  materi Akulturasi Islam dan Budaya Lokal : pemikiran dan sistem religi
  • Kelompok 11 dan  12 bahas Bab  yaitu  materi  Akulturasi Islam dan Budaya Lokal : kesenian dan pranata sosial



Silahkan klik "suka" jika Anda menyukainya

Biografi Penulis

Dedi Wahyudi, M.Pd.I adalah seorang Dosen Metodologi Studi Islam di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Jurai Siwo Metro dengan NIP 199101032015031003. Dedi Wahyudi, M.Pd.I dilahirkan di Kebumen pada 3 Januari 1991. Dia mengawali pendidikannya di SD Negeri 4 Kedawung, SMP Negeri 3 Kebumen, dan SMA Negeri 2 Kebumen. Dia juga nyantri di Pondok Pesantren Miftahul Anwar Pekeyongan, Podoluhur, Klirong, Kebumen. Setelah menyelesaikan S-1 pada Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (2011) dengan predikat “Lulus Terbaik dan Tercepat” pada wisuda periode 1 tahun ajaran 2011-2012, dia melanjutkan studi S-2 di Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan kembali meraih predikat “Lulus Terbaik dan Tercepat” pada wisuda periode III tahun ajaran 2013-2014 dengan IPK 3,94. Pengalaman mengajar di SMP Muhammadiyah 2 Mlati Sleman sejak 2012 hingga 2014. Dia juga sebagai penulis di berbagai media massa seperti Suara Merdeka, Lampung Post, Metro Riau, dan lainnya. Dia pernah mendapatkan beasiswa dari PT Djarum dan Kementerian Agama RI. Sekarang, penulis sebagai Dosen Tetap di STAIN Jurai Siwo Metro sekaligus sebagai Pengelola Jurnal P3M STAIN Jurai Siwo Metro. Penulis aktif di www.podoluhur.blogspot.com Konsentrasi kajiannya adalah studi Islam, ilmu pendidikan, media pembelajaran, strategi pembelajaran, dan sejarah Islam. Dia mempunyai seorang istri bernama Nuryah, M.Pd.I dan dikaruniai seorang putri bernama Nadya Fatiha Rahma.

2 comments:

Iklan

Tidak lama lagi kami akan pergi meninggalkan dunia ini, tetapi kami berdoa semoga tulisan kami akan terus menginspirasi dan membawa berkah